Minggu, 20 September 2015

[Fun Facts] Kesamaan-Kesamaan antara B.A.P dan GOT7

Alasan aku buat postingan kali ini adalah… yep, karena aku suka dua grup di atas, B.A.P dan GOT7. Tapi aku menolak kalo disebut sebagai fan. Bukan apa-apa, bagiku fan itu orang yang bener-bener loyal dan setia ke grup yang didukungnya. Mereka rela menghabiskan banyak waktu, tenaga dan juga uang buat beli album asli, dateng ke konser, rajin nge-vote dan beli merchandise official-nya. Kesimpulannya, menurutku ya, seseorang baru bisa disebut fan kalo punya kriteria di atas, selain juga gak mudah ‘pindah ke lain ati’ mentang-mentang banyak rookie idol yang kece-kece bertebaran.

Aku, sebagai orang yang gak menghabiskan banyak waktu, tenaga dan uang buat kegiatan-kegiatan di atas karena berbagai alasan juga menolak disebut fan. Modalku cuma kuota dan kadang kalo emang lagi pengen sesuatu yang berciri khas grup yang kusuka (misalnya jaket B.A.P), aku lebih milih mendesain/nyari contoh desainnya buat dipesen sendiri ke penjahit. Soalnya bisa jauh lebih murah dibanding beli yang official XD. Modal kuota kupake buat unduh lagu-lagu mereka, selain juga mv dan variety show-nya. Aku udah ngerasa puas hanya dengan melihat mereka lewat layar PC-ku. Aku juga gak bisa kayak temen-temenku yang bisa punya banyak bias dan suka banyak grup. Saat ini, bisa dikatakan aku cuman fokus ke update-an B.A.P dan GOT7. Dua grup ini yang paling aku suka dari segi lagu, MV, dan karakter member-membernya juga. Gimana ya mau ngomongnya, dari yang aku lihat melalui variety show mereka, B.A.P dan GOT7 adalah grup-grup yang rasa kekeluargaannya kental banget. Aku gak tau gimana dengan grup lain, tapi aku menikmati banget brothership mereka. Selama 5 tahun sejak aku mulai menggemari musik Kpop, mungkin cuman dua grup ini yang aku kepoin sampe ke akar-akarnya. Kalo dulu sekitar tahun 2012, aku juga suka B1A4 tapi cuman Baro yang aku kepoin, kalo sekarang semua member B.A.P dan GOT7 bikin aku penasaran walaupun aku cuman ngebiasin Jongup B.A.P dan Youngjae GOT7 (selanjutnya akan aku sebut CJae, biar gak ketuker sama Youngjae B.A.P yang aku sebut YJae).

Pada akhirnya aku sadar kalo ternyata dua grup ini punya lumayan banyak kesamaan-kesamaan yang bikin aku mikir,’Eh, kok bisa ya?’. Dan ‘mungkin karena kesamaan-kesamaan ini juga yang bikin aku klop sama dua grup ini.’ Begitu.

Jadi, inilah beberapa kesamaan-kesamaan antara B.A.P dan GOT7 yang aku kumpulkan dari berbagai sumber. Mohon maaf kalo ada typo dan fakta yang keliru. Please correct me if I’m wrong, okay?

1.      B.A.P dan GOT7 sama-sama debut di bulan Januari (B.A.P 26 Januari 2012, GOT7 16 Januari 2014).
2.      Sama-sama punya member yang lahir di bulan Januari (B.A.P Youngjae/Yjae 24 Januari 1994, GOT7 Jaebum/JB 6 Januari 1994), dan kerennya lagi, ternyata mereka sahabatan ^^
3.      Sama-sama punya member yang jadi trainee cuman 7 bulan sebelum debut (B.A.P Daehyun & GOT7 Youngjae/Cjae), dan mereka pernah kolaborasi nyanyi lagu TVXQ – Mirotic bareng BTOB Eunkwang dan VIXX Leo.
4.      Sama-sama memulai debut dengan duo (B.A.P Bang & Zelo ‘Never Give Up’ dan GOT7 JJ Project ‘Bounce’), dan menurutku kedua lagu itu punya sense yang mirip. MV-nya pun satu tema, semacam di sekolah/kelas gitu).
5.      Sama-sama punya member yang bernama ‘Youngjae’ (B.A.P YOO Youngjae dan GOT7 CHOI Youngjae) dan mereka punya dua ‘adik’ di grupnya.
6.      Sama-sama punya Giant Maknae (B.A.P Zelo dan GOT7 Yugyeom).
7.      Sama-sama punya member yang mantan B-boy (B.A.P Jongup dan GOT7 JB).
8.      Sama-sama punya member yang jago beatbox (B.A.P Zelo dan GOT7 Jackson).
9.      Sama-sama punya sunbae girlgroup yang terdiri dari 4 member (Secret dan Miss A).
10.  Semua member masing-masing grup punya nama marga yang beda (B.A.P ; Bang, Kim, Jung, Yoo, Moon dan Choi. GOT7 Im, Tuan, Wang, Park, Choi, Bhuwakool dan Kim).
11.  SOS-ku, Jongup dan CJae merupakan anak ketiga/bungsu di keluarga mereka dan mereka punya golongan darah B *sama kayak aku*
12.  Moodmake mereka sama-sama bergolongan darah O (B.A.P Himchan dan GOT7 Jackson).
13.  Maknae mereka sama-sama bergolongan darah A (B.A.P Zelo dan GOT7 Yugyeom).
14.  Sama-sama punya 2 member bergolongan darah O (B.A.P Bang Yongguk & Himchan. GOT7 Jackson & Jinyoung).
15.  Main vocal mereka sama-sama punya tai lalat di bawah mata (B.A.P Daehyun dan GOT7 CJae).
16.  Sama-sama punya lagu utama yang berjudul ‘Stop It’ (B.A.P ‘Stop It/하지마. GOT7 ‘Stop Stop It/하지 하지마).
17.  Terakhir, dua brothership favoritku, HimUp (Himchan & Jongup) dan 2Jae (Jaebum/JB & CJae) sama-sama teman sekamar dan hyung mereka (Himchan & JB) memperlakukan dongsaengnya beneran kayak adik kandung :’)

Itulah beberapa fun facts-nya, kalo aku nemu yang laen, in syaa Alloh bakal aku tambahin. Menyenangkan aja rasanya ternyata dua grup favoritku punya hal-hal yang tanpa disengaja berhubungan gitu, haha *maksa*.

Oke deh, see you next time~
Ujen/박수잔

150919, 21.09 WIB.

4 komentar:

  1. Ahahaha ada beberapa fakta yg baruku sadari... :v
    Aku malah pertama suka kpop dri got7 itu juga tau dri drama DH2 eh ada jr ama jb ada jj Project jugaa(bias jr) truss wktu stop stop it era ada yg bilang klo jr mirip daehyun b.a.p trus aku nyari di google sekilas lumayan agak mirip :v tross aku kepo sama daehyun... Kok ganteng ya 😏 kepo sama b.a.p juga gara2 mv warrior yangbikin gw bingung mana si daehyun... Blonde semua :v

    Wktu lgi suka bgt sama b.a.p malah ada berita b.a.p menggugat TSent... Kan aku cediih telat bgt gw tau b.a.p
    Oh Y mau nambahin fun factnya juga ya...
    Sama-sama ada yg dri busan(jr sama daehyun lahir di busan bukan? ) biasku di 2pm juga dri Busan(wooyoung)#tau wooyoung dri DH jugaa 😂😂 #gaknannyak

    Maafkan saya kalau salah info heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kalo aku suka mulai suka sekitar tahun 2010. Dulu masih labil, suka ini itu, baru setelah B.A.P 'menyerang', aku mulai mantap *tsaahh*~ Walaupun awalnya ngerasa annoyed liat MV Warrior sih, dulu mikirnya, "Apaan sih nih MV?"
      Ehh, taunya malah jadi suka.

      Kalo GOT7 baru sekitar bulan Februari tahun ini, waktu itu dikasih temenku nnton web drama yg Dream Knight, awalnya aku penasaran ama Mark (Soalnya jarang ngomong dan ganteng dan sebagainya), tapi malah sekarang ngebiasin Youngjae soalnya sebelumnya pernah nnton perform mereka yg Mirotic itu dan aku suka suaranya (cuma dia satu-satunya rookie di antara Dae, Leo sm Eunkwang kan?).

      Hmm, bukannya Jr dari Jinhae ya? Itu di mana sih? Maap aku kurang tau kalo emang ternyata Jinhae jg bagian dari Busan *brb liat peta*

      Ahh, si Wooyoung, kalo gak salah Jr pernah ngomong kalo Wooyoung itu hyung 2PM yg paling sayang (suka ngasih nasehat") ke GOT7 dibanding hyung 2PM yg lain, heheh.

      Hapus
  2. Hai admin, wah info yang menarik...
    Btw saya mohon ijin untuk menggunakan beberapa data dari artikel di blog saya.
    Saya tidak akan meng-copy-paste, hanya ingin mengambil beberapa data.
    Akan saya cantumkan credit lengkap artikel ini di daftar sumber saya.

    Saya juga menuliskan sedikit tentang Got7 dan BAP di artikel saya:
    http://deleigeven.blogspot.co.id/2015/11/peran-leader-dalam-sebuah-grup-k-pop.html
    dan
    http://deleigeven.blogspot.co.id/2014/06/serba-serbi-kpop-peran-anggota-visual.html

    Semoga admin tertarik berkunjung juga ke blog saya.
    Salam.

    BalasHapus